This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Cara Buat Pendingin Ruangan (AC) Sederhana

Tutorial Buat Pendingin Ruangan Sederhana atau AC bahasa kerennya. Disini saya lebih prefer gunakan istilah pendingin ruangan, karna ini emang bukan AC seperti biasanya, tapi memiliki sekian kemampuan dari yg AC miliki.

Ok, kita mulai saja tutorial ini..

Bahan-bahan yg perlu kita siapkan:
1. Kipas angin (ini yg paling utama)
2. Cooper Tubing/Pipa Tembaga ukuran 3/16″. Panjang disesuaikan dengan kebutuhan (bisa dibeli di toko perlengkapan AC, atau di beberapa toko bahan bangunan juga ada yg jual)
3. Cable ties secukupnya
4. Pompa aquarium kecil (beli di toko aquarium)
5. Pipa plastik 3/16″ (beli di toko bangunan)
6. Tandon air/tempat menadah air (Bisa gunakan styrofoam atau ember deh lah klo repot, hehe..).

Ok, udah dapet semua bahan2 nya? Kita liat yuk cara2 buat nya?

Langkah-langkah:
1. Siapkan kipas angin dan pipa tembaga.

2. Lilitkan pipa tembaga di depan kipas angin.
Usahakan jgn sampe tertekuk/patah & kencengin pake cable ties.

3. Sambungkan pipa tembaga dengan pipa plastik.

tinggal sambung aja.

Kalo pipanya tidak pas atau longgar, kencangin dengan klem atau cable ties juga bisa.

4. Siapkan pompa aquarium. Cek mana inlet & outlet, bisa dipake yg mana saja.
Masukin salah 1 ujung pipa ke inlet/outlet dari pompa dan biarkan ujung yg satunya bebas.

Jika Anda memasukan pipa ke inlet pompa, maka biarkan outlet dari pompa bebas untuk keluar masuk air.

5. Isikan air dingin/Es batu di tandon air/ember.

Masukin aja Es batu yg banyak biar lebih maknyos dinginnya.

Sekarang coba nyalakan kipas angin dan nyalakan pompa Anda. Tunggu agak lama dan rasakan perbedaannya.

Prinsip kerja sederhana:
Air dingin yang dipompakan ke pipa tembaga menyebabkan pipa tersebut menurun suhunya. Sesuai prisip kondensasi.
Suhu dingin di sekitar pipa dihembuskan oleh angin dari kipas.
Secara teknis suhu angin keluar dari kipas lebih dingin dari pada suhu ruang.
Maka, dingin deh ruangannya.
Cocok buat kamar yang tertutup (biar dingin ruangan tetap terjaga dan optimal).

Sedikit tips dari rekan2 kaskuser:
1. Biar ademnya awet bisa ditambahkan garam “krosok” untuk bikin awet es.
2. Atau bisa juga pakai Blue Ice yg dijual di supermarket sbg pengganti es batu.
3. Tambahkan saluran pembuangan untuk air embun kondensasi dari pipa kipas.
4. Letakkan kain lap/pel untuk menyerap air embun kondensasi.
5. Gunakan pompa yang agak kuat untuk sirkulasi yang lebih cepat.
6. Semakin rapat pipa, semakin dingin udara yang dihasilkan.
7. Kipas jangan terlalu kencang. Gunakan speed terendah untuk hasil maksimal.
8. dan yang penting… tutup ruangan rapat2 agar udara dingin tidak keluar!

SELAMAT MENCOBA !!!!

About @irwan_bac

I was born in this world exactly earth Indonesia, East Kalimantan / Balikpapan ... my childhood was spent in play and play until not know time.My Father born in Tarakan, while My Mother was born in East Java, precisely in Ponorogo ... and until now I am an adult now and my parents are gone ... I am the eighth child of nine brothers ... in life we must be introspective of the present life we live today, the past failure is a learning for more forward to the future ... God Bless

Comments are closed.